Inilah mengapa tidur dengan ponsel di tempat tidur dapat memengaruhi kesehatan Anda

Posted on

Tidur dengan ponsel di dekat Anda dapat berbahaya bagi fungsi tubuh Anda dan cenderung membatasi produksi banyak hormon yang signifikan. Tempatkan telepon beberapa meter dari tempat tidur Anda jika Anda tidak akan mematikannya. Ini telah menjadi tren, terutama bagi orang muda untuk tidur dengan ponsel mereka di sebelah mereka. Dan sering kali, di bawah bantal, tampaknya menjadi tempat ideal untuk menyimpan ponsel karena mudah dijangkau ketika berdering.

Namun, apa yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah tidur dengan ponsel dekat Anda dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Ponsel pintar telah terbukti memancarkan radiasi berbahaya yang menyebabkan perubahan dalam sistem pengaturan diri tertentu, seperti jam biologis atau irama jantung. Karena ini, memiliki ponsel kita di dekat kita saat kita tidur dapat menyebabkan mimpi buruk, ketidakmampuan untuk tidur, bangun beberapa kali di malam hari, dll.

Faktanya, itu bahkan dapat merusak otak Anda. Terlebih lagi, tidur dengan telepon di dekat Anda dapat merusak fungsi tubuh Anda dan cenderung membatasi produksi banyak hormon penting yang penting untuk rutinitas rutin Anda. Sebagaimana ditegaskan oleh World Health Organization: Perangkat elektronik, secara umum, buruk bagi tubuh karena mereka menghasilkan efek beracun yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker.

Dan untuk memvalidasi klaim ini, sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa ada hubungan penting antara penggunaan ponsel pintar dan kemandulan pada pria, serta mengurangi kualitas sperma.

Baca terus untuk melihat beberapa implikasi kesehatan dari memiliki ponsel Anda dekat dengan Anda saat Anda tidur.

  1. Itu bisa membuat bantal Anda terbakar

Sejumlah besar pengguna ponsel sangat terikat dengan ponsel mereka sehingga mereka tidur bersama mereka bahkan di bawah bantal mereka. Hasil dari kebiasaan ini telah menyebabkan insiden yang tercatat dari bantal yang dibakar.

Yang paling populer dari kejadian ini adalah remaja Juli 2014 dari Texas yang terbangun dengan bau terbakar. Seprai dan kasurnya telah hangus oleh Samsung Galaxy S4 miliknya, yang berada di bawah bantalnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk mematikan transceiver ponsel Anda dengan menyimpannya pada “mode pesawat” saat Anda tidur. Atau lebih baik lagi; matikan karena ponsel memompa radiasi elektromagnetik kapan pun mereka berada.

Sebagian besar baterai perangkat menampilkan pesan bahwa ada risiko kebakaran jika disimpan di bawah alas tidur. Oleh karena itu, disarankan untuk mematikannya demi keamanan Anda sendiri.

  1. Ia menempatkan kesehatan kita pada risiko akibat radiasi yang dipancarkan

Umumnya, ponsel memancarkan radiasi karena sinyal transmisi sekitar 900MHz. Karena ini, menjaga ponsel dekat dengan kepala untuk waktu yang lama dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, dan masalah kesehatan yang rumit lainnya.

Meskipun orang cenderung mendekatkan ponsel mereka dengan mereka saat mereka tidur untuk alasan yang berbeda, namun lebih baik aman daripada menyesal.

  1. Bisa mencegah Anda tidur

Layar LED, yang meliputi ponsel, tablet, TV, dan gadget lainnya, memancarkan cahaya biru; tipe yang diteliti telah menyarankan untuk menghambat produksi hormon melatonin yang merangsang tidur dan mengganggu ritme sirkadian kita.

Meskipun alasannya belum diketahui, mungkin karena cahaya biru memancarkan panjang gelombang yang mirip dengan siang hari, yang dapat menipu tubuh kita untuk berpikir bahwa itu siang hari, kapan saja.

Oleh karena itu, disarankan untuk mematikan semua elektronik dua jam sebelum tidur. Dan jika memungkinkan, simpan ponsel dan laptop di ruangan lain saat Anda tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *